•  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018.  Pembahasan yang Penulis susun masih bersifat terbuka untuk diskusi tentang pembahasannya.
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Tingkat Provinsi Tahun 2018 telah terlakasana dengan baik, yaitu pada tanggal 21 April 2018 yang bertepatan dengan Hari Kartini baik bidang studi Matematika, IPA dan IPS. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk menghadapi OSN Tingkat Nasional tahun 2018.
  •  Akhirnya Penulis bisa melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 untuk soal hari kedua. Walaupun akhir-akhir ini banyak sekali kesibukan yang Penulis lakukan disamping menyusun dan mengkoreksi soal Pre Test OSN Guru Matematika SMP Tahun 2016 termasuk mempersiapkan modul pelatihannya, kegiatan kampus, kegiatan sekolah dll........
  •  Alhamdulillahirobbil ‘alamin.... patut Penulis ucapkan karena di sela-sela kesibukan yang Penulis dapatkan pada akhirnya Penulis bisa mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 Hari Pertama. Dimana pada postingan sebelumnya Penulis sudah mempostingkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016.......
  •  Postingan berikut akan penulis lampirkan tentang Hasil Koreksi OSN SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016. Sedangkan Tuan rumah untuk peserta OSN yang lolos Ke Tingkat Nasional Tahun 2016 ini terletak Kota Palembang, Sumatera Selatan. Ajang akbar tahunan ini akan diselenggarakan pada pada 15-21 Mei 2016........
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016 Bagian B: Soal Uraian, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat.......
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016.......
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Guru Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 telah terlakasana dengan baik pada tahun ini, baik bidang studi Matematika maupun IPA. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk OSN Guru Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional Tahun 2016......
  •  Pada postingan kali ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian B: SoalUraian. Dimana pada postingan sebelumnay Penulis telah mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian A.....
  •  Alhamdulillahirobbalil alamin patut kita ucapkan kepada Allah SWT atas terselesainya pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 ini dengan baik dan menarik pada hari Sabtu, tanggal 5 Maret 2016....

Minggu, 29 September 2013

Kumpulan Soal UN SMP Tahun 2013


Berikut ini Penulis Lampirkan Kumpulan Soal-soal Ujian Nasional untuk tingkat SMP Tahun 2013. File-file ini Penulis dapatkan dari Websit Guraru, dimana cara mengunduhnya adalah bisa klik pada masing-masing soal yang sudah tertera lalu Save as… diantaranya adalah Soal Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. untuk lebih jelasnya silahkan unduh soal-soalnya pada lampiran berikut ini:

Sabtu, 28 September 2013

Kemdikbud Akui Kualitas Guru Masih Rendah


Ambon (ANTARA News) - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Kebudayaan (BPSDMPK) dan Peningkatan Mutu Pendidikan (PMP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Syahwal Gultom, mengakui mutu dan kualitas guru di Tanah Air saat ini masih rendah.

"Hasil uji kompetensi yang dilakukan selama tiga tahun terakhir menunjukkan kualitas guru di Indonesia masih sangat rendah," kata Syahwal Gultom, di Ambon, Jumat.

Kamis, 26 September 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2010 Nomor 3



Soal:
Diketahui segitiga ABC. Jika titik M terletak di tengah-tengah AC, titik N terletak di tengah-tengah BC, dan titik P adalah sebarang titik pada AB. Tentukan luas segiempat PMCN.



Pembahasan:
Perhatikan gambar berikut!
Dibuat pertambahan garis BM dan NM, selanjutnya kita perhatikan DBMN dan DPMN

Rabu, 25 September 2013

Selasa, 24 September 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2010 Nomor 1


Soal:
Sebuah pecahan disebut Toba-n bila pecahan itu mempunyai pembilang 1 dan penyebut n. Jika A adalah jumlah dari semua pecahan Toba-101, Toba-102, Toba-103, sampai dengan Toba-200, tunjukkan bahwa 7/12 < A < 5/6.


Pembahasan:
Diketahui: Toba-101 =  1/101, Toba-102 = 1/102, Toba-103 = 1/103, .........., Toba-200 = 1/200
Sehingga: A = 1/101 + 1/102 + ....... + 1/200
Kemudian kita mencari pola nilai dari 7/12, yaitu:

Senin, 23 September 2013

Jurus Menghadapi OSN SD, SMP, dan SMA

Berikut ini Penulis mencoba untuk memberikan trik bagaimana caranya supaya OSN tahun ini diraih dengan apa yang ditargetkan, yaitu memperoleh Emas di OSN pada tahun ini, sementara ini masih ada lima trik yang penulis tuliskan dibawah ini untuk menuju OSN tahun ini, adapun trik-triknya adalah sebagai berikut:

Materi Himpunan Matematika SMP


Berikut ini Penulis Postingkan tentang Materi Himpunan untuk Matematika tingkat SMP, materi ini merupakan rangkuman dari materi-materi yang dibahas pada siswa SMP disertakan pula beberapa contoh yang baerkaitan dengan materi yang dibahas, adapun materi rangkumannya terdiri dari: Definisi Himpunan, Notasi Himpunan, Mendefinisikan Suatu Himpunan, Himpunan Kosong, dan Himpunan Semesta. Untuk lebih jelasnya silahkan pelajari pada bahasan berikut ini!:

Sabtu, 21 September 2013

Diskusi Tentang Ciri-ciri Bilangan Bulat

Kami telah diskusi banyak tentang Ciri-ciri Bilangan Bulat yang telah dipostingkan oleh Penulis pada Grup FB: Forum Guru Republik Indonesia didalam diskusi kami terjadi perdebatan yang hangat dan menarik tentang ciri-ciri dari bilangan bulat, bilangan tak hingga dan KPK bilangan negatif. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak baik-baik pendapat antar para guru...

Jumat, 20 September 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2010 Nomor 3

Soal:
Diberikan suatu barisan bilangan 1, 5, 6, 25, 26, 30, 31, ... yang terdiri dari barisan bilangan pemangkatan 5  atau  jumlah  bilangan-bilangan  berbeda hasil pemangkatan 5. Perhatikan bahwa 1 = 5°, 6 = 1 + 5, 31 = 1 + 5 + 52, ... Nilai suku ke-100 pada barisan tersebut adalah …


Pembahasan:
Diketahui suatu barisan : 1, 5, 6, 25, 26, 30, 31 , ...
Kemudian kita mencari pola penyelesaian dari deret bilangan pemangkatan 5 dengan terlebih dahulu memisalkan pangkat dari bilangan-bilangan tersebut, yaitu (a, b, c, ….) = 5a + 5b + 5c + … + …., sehingga barisan yang dimaksud dapat dituliskan sebagai berikut:

Kamis, 19 September 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2010 Nomor 2


Soal:
Jika p = 1/(√14 √13) dan q = 1/(√14 + √13), maka nilai dari p2 + pq + q2 adalah …


Pembahasan:
Dari bentuk aljabar p2 + pq + q2 dipola menjadi,
faktorisasi bentuk selisih kuadrat p2 +2pq pq + q2, Sehingga nilai p dan q bisa disubstitusikan ke bentuk aljabar tersebut, yaitu sebagai berikut;

Rabu, 18 September 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2010 Nomor 1


Soal:
Jika  f(x) = 3x2 + 18x + 28 dan 12 + 22 + 32 + 42 + …….+ (2009)2 + (2010)2 = A,
maka f(0) + f(1) + f(2) + f(3) + …+f(2010) = …


Pembahasan:
Diketahui  f(x) = 3x2 + 18x + 28 dan 12 + 22 + 32 + 42 + …….+ (2009)2 + (2010)2 = A
Selanjutnya kita mencari pola penyelesaian dari bentuk soal ini dengan mencari nilai fungsi  dari masing-masing  f(0),  f(1),  f(2),  f(3),  … sampai dengan  f(2010) yang diperoleh dari persamaan fungsi f(x) = 3x2 + 18x + 28, kemudian dihubungkan dengan penjumlahan biloangan kuadrat dari 12 + 22 + 32 + 42 + …….+ (2009)2 + (2010)2 = A, yaitu sebagai berikut:

Selasa, 17 September 2013

Permendikbud tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013

Mentri Pendidikan: Mohammad Nuh
Berikut ini penulis lampirkan beberapa Permendikbud tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 untuk tingkat satuan pendidikan baik SD/MI, SMP/MTs, mapun SMA/MA/SMK yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 sehingga dalam menjalankannya terarah sesuai dengan koridor yang ada, silahkan diunduh dibawah ini:

Minggu, 15 September 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2010 Nomor 3


Soal:
n adalah bilangan bulat positif terkecil sehingga 7 + 30n bukan bilangan prima.  Nilai dari 64 –16n + n2 adalah...
A.      1
B.       4
C.       9
D.      16
E.       25


Pembahasan: B
Menurut informasi dari soal bahwa n adalah bilangan bulat positif terkecil sehingga 7 + 30n bukan bilangan prima, ini berarti bahwa bentuk dari 7 + 30n adalah bilangan komposit.
Kemudian, untuk mengathui nilai n yang memenuhi, maka kita coba satu-persatu mulai dari bilangan  bilangan bulat positif terkecil, yaitu:

Sabtu, 14 September 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2010 Nomor 2


Soal:
Jika bilangan ganjil dikelompokkan seperti berikut: {1}, {3,5}, {7,9,11}, {13,15,17,19}, maka suku tengah dari kelompok ke-11 adalah...
A.      21
B.       31
C.       61
D.      111
E.       121


Pembahasan: E
Diketahui bahwa ada suatu bilangan ganjil di kelompokkan menjadi:  {1}, {3, 5}, {7, 9, 11}, {13, 15, 17, 19}, {21, 23, 25, 27, 29}, {31, 33, 35, 37, 39, 41}, {43, 45, 47, 49, 51, 53, 55},......
Berdasarkan kelompok tersebut, maka suku tengahnya dalam kelompok urutan ganjil adalah:

Kamis, 12 September 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2010 Nomor 1

Soal:
Garis l melalui titik (–4, –3) dan (3, 4). Jika garis l juga melalui titik (a, b), maka nilai a3 – b33a2b + 3ab232 = …
A.      23
B.       1.
C.       –1
D.      –28
E.       –31


Pembahasan: D
Suatu garis l yang melalui titik (a, b) dan juga titik (–4, –3) dan (3, 4), hal ini mempunyai arti bahwa x = a, y = b, x1 = –4, y1 = –3, x2 = 3, dan y2 = 4, dimana persamaannya adalah:

Selasa, 10 September 2013

Konsep Pendekatan SAINTIFIK Kurikulum 2013


Kriteria
  1. Materi pembelajaran berbasis pada fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu; bukan sebatas kira-kira, khayalan, legenda, atau dongeng semata.
  2. Penjelasan guru, respon siswa, dan interaksi edukatif guru-siswa terbebas dari prasangka yang serta-merta, pemikiran subjektif, atau penalaran yang menyimpang dari alur berpikir logis.
  3. Mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran.

Minggu, 01 September 2013

Presentasi dan Video Kurikulum 2013

Pelaksanaan Kurikulum 2013 telah dilaksanakan diberbagai daerah yang dimulai pada tanggal 15 juli 2013, dan menurut rilis ada sebanyak 61.074 guru yang menerima pelatihan. Jumlah itu terdiri atas 572 orang instruktur nasional, 4.740 orang guru inti, dan 55.762 guru sasaran. 
Maka dari itu berikut ini Penulis lampirkan beberapa model pembelajaran berbentuk Power Point dan beberapa Video yang dapat dipakai rujukan untuk memahami Kurikulum 2013. Kedua Media tersebut telah digunakan saat pelatihan Implementasi Kurikulum 2013.
Artikel ini Penulis dapatkan dari webset Widya Prima. Semoga dengan dilampirkannya beberapa perlengkapan yang dibutuhkan dalam Kurikulum 2013 ini membantu kita untuk memperjuangkan kwalitas dan kuantitas pendidikan di Indonesia...

Unduh Presentasi Implementasi Kurikulum 2013, dan beberapa perlengkapan lainnya berikut ini:

Random Post