•  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018.  Pembahasan yang Penulis susun masih bersifat terbuka untuk diskusi tentang pembahasannya.
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Tingkat Provinsi Tahun 2018 telah terlakasana dengan baik, yaitu pada tanggal 21 April 2018 yang bertepatan dengan Hari Kartini baik bidang studi Matematika, IPA dan IPS. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk menghadapi OSN Tingkat Nasional tahun 2018.
  •  Akhirnya Penulis bisa melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 untuk soal hari kedua. Walaupun akhir-akhir ini banyak sekali kesibukan yang Penulis lakukan disamping menyusun dan mengkoreksi soal Pre Test OSN Guru Matematika SMP Tahun 2016 termasuk mempersiapkan modul pelatihannya, kegiatan kampus, kegiatan sekolah dll........
  •  Alhamdulillahirobbil ‘alamin.... patut Penulis ucapkan karena di sela-sela kesibukan yang Penulis dapatkan pada akhirnya Penulis bisa mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 Hari Pertama. Dimana pada postingan sebelumnya Penulis sudah mempostingkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016.......
  •  Postingan berikut akan penulis lampirkan tentang Hasil Koreksi OSN SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016. Sedangkan Tuan rumah untuk peserta OSN yang lolos Ke Tingkat Nasional Tahun 2016 ini terletak Kota Palembang, Sumatera Selatan. Ajang akbar tahunan ini akan diselenggarakan pada pada 15-21 Mei 2016........
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016 Bagian B: Soal Uraian, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat.......
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016.......
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Guru Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 telah terlakasana dengan baik pada tahun ini, baik bidang studi Matematika maupun IPA. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk OSN Guru Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional Tahun 2016......
  •  Pada postingan kali ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian B: SoalUraian. Dimana pada postingan sebelumnay Penulis telah mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian A.....
  •  Alhamdulillahirobbalil alamin patut kita ucapkan kepada Allah SWT atas terselesainya pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 ini dengan baik dan menarik pada hari Sabtu, tanggal 5 Maret 2016....

Senin, 21 Oktober 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2011 Nomor 3



Soal:
Bangun datar ABCD di samping adalah trapesium dengan AB sejajar CD. Titik E dan F terletak pada CD sehingga AD sejajar BE dan AF sejajar BC. Titik H adalah perpotongan AF dengan BE dan titik G  adalah perpotongan AC dengan BE. Jika panjang AB adalah 4 cm dan panjang CD adalah 10 cm, hitunglah perbandingan luas segitiga AGH dan luas trapesium ABCD.



Pembahasan:
Perhatikan gambar berikut!

Misalkan tinggi trapesium = t, maka Luas trapesium = 1/2(14 + 7)t = 7t cm2
Diketahui   Karena AB//DC  dan AD//BE, maka panjang DE = AB = 4 cm
                   AB//DC  dan AF//BC, maka panjang CF = AB = 4 cm dan panjang EF = 2 cm
Perhatikan DGEC dan DADC! Keduanya adalah sebangun, sehingga:

Minggu, 20 Oktober 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2011 Nomor 2

Soal:
Didefinisikan nilai mutlak |x| sebagai berikut.
|x| = x, jika x ≥ 0 dan |x| = −x, jika x < 0.
Jika x dan y adalah bilangan bulat, tentukan banyak pasangan (x, y) yang memenuhi |x| + |y| ≤ 50.



Pembahasan:
Diketahui  |x| + |y| ≤ 50. dari bentuk |x| , |y|: artinya ada pasangan titik koordinat sebanyak 4 model: (x, y), (x, –y), (–x, y), dan (–x, –y)
Kemudian kita mencari pola penyelesaianya mulai dari pasangan yang terkecil sampai dengan pasangan yang tersebesar, yaitu pasangan-pasangan titik koordinat yang terdapat di 4 kuadran pada diagram kartesius, sebagai berikut;

Sabtu, 19 Oktober 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2011 Nomor 1

Soal:
Dari pengukuran terhadap tinggi sembilan pohon diperoleh data sebagai berikut.
a.    Ada tiga macam ukuran tinggi pohon (dalam satuan meter).
b.    Semua data berupa bilangan bulat positif.
c.    Mean = median = modus = 3.
d.   Jumlah kuadrat semua data adalah 87.
Tentukan semua kemungkina ukuran tinggi sembilan pohon tersebut.


Pembahasan:
Diketahui ada tiga macam ukuran tinggi pohon dari 9 pohon, sehingga datanya dapat dimisalkan:

Data
x
y
z
Frekuensi
a
b
c

Karena semua data berupa bilangan bulat positif, maka 0 <x<y<z, kemudian:

Senin, 14 Oktober 2013

Membumikan Makna Qurban dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara


Oleh: Abdur Rahman As’ari
(Koordinator OSN Matematika SMP dan Pakar Teknologi Pembelajaran Matematika Indonesia)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Beberapa saat lagi kita akan melaksanakan salah satu hari saya (ied) dalam Islam, yaitu Ied al Qurban atau juga lazim disebut dengan Ied al Adha. Bersama-sama dengan Ied al Fitr, dua hari raya ini ditetapkan oleh Rasulullah Muhammad SAW sebagai pengganti hari raya yang biasa dirayakan oleh kaum Yahudi di Madinah. Namun demikian, kita tidak akan membahas lebih jauh tentang sejarah ditetapkannya Ied al Qurban ini. Kita justru ingin lebih banyak belajar untuk memikirkan kemungkinan pembumiannya di dalam kehidupan sekarang ini.

Rabu, 09 Oktober 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2011 Nomor 3



Soal:
Jika bilangan bulat x dan y dibagi 4, maka bersisa 3. Jika bilangan x – 3y dibagi 4, maka bersisa....



Pembahasan:
Menurut informasi dari soal bahwa bilangan bulat x dan y dibagi 4, maka bersisa 3, artinya adalah x = 4m + 3 dan y = 4n + 3, dimana m dan n bilangan bulat
Oleh karena itu, sehingga diperoleh:

Selasa, 08 Oktober 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2011 Nomor 2



Soal:
Jika f adalah fungsi sehingga f(xy) = f(xy) dan f(6) = 1, maka f(–2) – f(4) = ...


Pembahasan:
Diketahui fungsi  f(xy) = f(x – y) dan  f(6) = 1
Kemudian mencari pola dari kedua persamaan diatas agar bisa diseledaikan, yakni: 

Senin, 07 Oktober 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2011 Nomor 1


Soal:
Jika x adalah jumlah 99 bilangan ganjil terkecil yang lebih besar dari 2011 dan y adalah jumlah  99 bilangan genap terkecil yang lebih besar dari 6, maka x + y =.....


Pembahasan:
Adapun 99 bilangan ganjil terkecil yang lebih besar dari 2011 adalah 2013, 2015, ... U99
Hal ini merupakan deret aretmatika, sehingga jumlah bilangannya adalah:

Jumat, 04 Oktober 2013

Ciri-ciri Bilangan Habis Dibagi

Berikut ini Penulis lampirkan ciri-cari Habis dibagi suatu Bilangan,..dimana diantaranya adalah habis dibagi 2, habis dibagi 2^2, habis dibagi 3, habis dibagi 4, habis dibagi 5, habis dibagi 6, habis bilangan 7, habis dibagi 8, habis dibagi 11, habis dibagi 12, habis dibagi 13, habis dibagi 17, habis dibagi 19, dan habis dibagi 29 disertai juga latihan soalnya,...
Semoga dengan pembahasan Uji Habis dibagi ini, adik-adik siswa SMP bisa saip menghadapi OSN 2014, sehingga menjadi juara dan sesuai dengan harapan yaitu mendapatkan medali mas di OSN 2014, untuk lebih jelasnya silahkan adik bisa download pembahasan materi tersebut dibawah ini!

Kamis, 03 Oktober 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2011 Nomor 3



Soal:
Pada   gambar    berikut   tabung   berisi   air,   tinggi   dan   diameter   tabung    tersebut adalah 18 cm dan 6 cm.  Kemudian ke dalam tabung dimasukkan 3 bola pejal yang identik (sama bentuk) sehingga bola tersebut menyinggung sisi tabung dan air dalam tabung keluar, maka sisa air di dalam tabung adalah ... cm3.
A. 51 π
B. 52 π
C. 53 π
D. 54 π
E. 55 π


Pembahasan: D
Sisa air di dalam Tabung   = Volume Tabung – 3 x Volume Bola

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2011 Nomor 2



Soal:
Menggunakan angka-angka 1, 2, 5, 6 dan 9 akan dibentuk bilangan genap yang terdiri dari lima angka.  Jika tidak ada angka yang berulang, maka selisih bilangan terbesar dan terkecil adalah ...
A. 70820
B. 79524
C. 80952
D. 81236
E. 83916


Pembahasan: E
Diketahui angka 1, 2, 5, 6 dan 9 akan dibentuk bilangan genap yang terdiri dari lima angka dengan tidak ada angka yang berulang, sehingga bilangan yang dimaksud adalah:

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2011 Nomor 1



Soal:
Nilai 1/8! – 2/9! + 3/10! =....
A.      113/10!
B.       91/10!
C.       73/10!
D.      71/10!
E.       4/10!


Pembahasan: C
Dari bentuk operasi 1/8! – 2/9! + 3/10!, dicari terlebih dahulu KPK  dari 8! , 9!, 10! yaitu 10!
Sehingga:

Random Post