•  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018.  Pembahasan yang Penulis susun masih bersifat terbuka untuk diskusi tentang pembahasannya.
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Tingkat Provinsi Tahun 2018 telah terlakasana dengan baik, yaitu pada tanggal 21 April 2018 yang bertepatan dengan Hari Kartini baik bidang studi Matematika, IPA dan IPS. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk menghadapi OSN Tingkat Nasional tahun 2018.
  •  Akhirnya Penulis bisa melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 untuk soal hari kedua. Walaupun akhir-akhir ini banyak sekali kesibukan yang Penulis lakukan disamping menyusun dan mengkoreksi soal Pre Test OSN Guru Matematika SMP Tahun 2016 termasuk mempersiapkan modul pelatihannya, kegiatan kampus, kegiatan sekolah dll........
  •  Alhamdulillahirobbil ‘alamin.... patut Penulis ucapkan karena di sela-sela kesibukan yang Penulis dapatkan pada akhirnya Penulis bisa mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 Hari Pertama. Dimana pada postingan sebelumnya Penulis sudah mempostingkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016.......
  •  Postingan berikut akan penulis lampirkan tentang Hasil Koreksi OSN SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016. Sedangkan Tuan rumah untuk peserta OSN yang lolos Ke Tingkat Nasional Tahun 2016 ini terletak Kota Palembang, Sumatera Selatan. Ajang akbar tahunan ini akan diselenggarakan pada pada 15-21 Mei 2016........
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016 Bagian B: Soal Uraian, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat.......
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016.......
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Guru Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 telah terlakasana dengan baik pada tahun ini, baik bidang studi Matematika maupun IPA. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk OSN Guru Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional Tahun 2016......
  •  Pada postingan kali ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian B: SoalUraian. Dimana pada postingan sebelumnay Penulis telah mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian A.....
  •  Alhamdulillahirobbalil alamin patut kita ucapkan kepada Allah SWT atas terselesainya pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 ini dengan baik dan menarik pada hari Sabtu, tanggal 5 Maret 2016....

Kamis, 27 Maret 2014

Hasil Seleksi OSN SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2014 di Jawa Timur

Berikut ini Penulis lampirkan Hasil Seleksi Olimpiade Sains (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota 2014 Jawa Timur
Adapun nama-nama yang tercantum dalam Lampiran Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur No. 420/1506/103.04/2014 tanggal 10 Maret 2014, akan menjadi peserta seleksi OSN tingkat Provinsi.

Selasa, 25 Maret 2014

Jumlah Wakasek, Kepala Lab, Perpustakaan yang diakui Dapodik 2013/2014

Selain tugas tambahan guru menjadi kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, masih ada 2 jenis tugas tambahan guru lainnya yang diakui pada Dapodikdas 2013/2014 yakni Kepala Laboratorium (Laboran), dan Kepala Perpustakaan (Pustakawan) dan masing-masing terhitung sebagai jam ekuivalen untuk kepala sekolah = 18 JP.

Sedangkan untuk Wakil Kepala Sekolah, Kepala Laboratorium, dan Kepala Perpustakaan masing-masing terhitung jam ekuivalen masing-masing = 12 JP. Berikut hal-hal penting yang perlu diperhatikan terkait tugas-tugas tambahan guru yang mendapatkan tugas tambahan sebagai sebagai wakil kepala sekolah (Wakasek), Kepala Laboratorium (Laboran), maupun sebagai Kepala Perpustakaan (Pustakawan) berdasarkan draft Implementasi Dapodik 2013 terhadap proses pengolahan data Tunjangan pada direktorat P2TK Dikdas :

Sabtu, 15 Maret 2014

Kurikulum 2013 dilakukan Melalui Proses Konstruktivisme

Jakarta, Kemdikbud -- Kurikulum 2013 yang mulai diterapkan pada tahun pelajaran 2013/2014 sesungguhnya adalah proses yang harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengamati, menanya, menganalisis, menguji coba, dan mengomunikasikan. Kurikulum 2013 dilakukan melalui proses konstruktivisme, yang berbeda dengan kurikukum verbalistik yang sekadar mengandalkan komunikasi satu arah dan hafalan.
Hal tersebut disampaikan Ketua Unit Implementasi Kurikulum, Tjipto Sumadi dalam diskusi yang digelar di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jumat (14/3/2014). Hadir pula Kepala SMA Negeri 3 Jakarta, Diah Khaerani sebagai narasumber, kepala sekolah yang telah menerapkan Kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2013/2014.

Kamis, 13 Maret 2014

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2014 (Bagian B: Isian Singkat)

Pada postingan sebelumnya Penulis sudah melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematik SMP Tingkat Kabupaten/Kota Bagian A: Pilihan Ganda, 

Sedangan berikut ini ini Penulis akan mencoba untuk membahas Soal OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2014 Bagian B: Isian Singkat. Jika ada Solusi yang 'lebih gampang/mudah dipahami oleh siswa',... Penulis sangat berterimakasih untuk masukan, saran dan kritiknya, "karena penulis hanyalah Manusia Biasa... :-)"


-----Semoga Bermanfaat-----

Rabu, 12 Maret 2014

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2014 (Bagian A: Pilihan Ganda)

Alhamdulillahirobbil alamin, kita patut bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2014 telah terlakasana dengan baik, yaitu pada tanggal 8 Maret 2014 baik bidang studi Matematika, Fisika, Biolagi dan IPS. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk OSN Tingkat Provinsi dan tingkat Nasional.

Berikut ini Penulis akan mencoba untuk membahas Soal OSN Matematika SMP Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2014 Bagian A: Pilihan Ganda. Jika ada Solusi yang 'lebih gampang/mudah dipahami oleh siswa',... Penulis sangat berterimakasih untuk masukan, saran dan kritiknya, "karena penulis hanyalah Manusia Biasa... :-)"

-----Semoga Bermanfaat-----

Selasa, 11 Maret 2014

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2014 Nomor 3



Soal Nomor 3
Diketahui FPB dan KPK dari 72 dan x berturut-turut adalah 3 dan 1800. Pernyataan berikut yang benar adalah ....
A.      x kelipatan 5
B.        x kelipatan 72
C.       x kelipatan genap
D.      x kelipatan faktor dari 3

Pembahasan: A
Alternatif (1)
Diketahui            FPB dari 72 dan x adalah 3
                            KPK dari 72 dan x adalah 1800
Untuk menentukan nilai x, kita perlu terlebihdulu mencari faktor prima dari 72 dan mencari pola untuk mencari faktor prima dari x, yaitu sebagai berikut:

Senin, 10 Maret 2014

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2014 Nomor 2



Soal Nomor 2
Berikut diberikan data siswa kelas VIII SMP Bina Prestasi. Tiga perlima bagian dari seluruh siswa adalah perempuan. Setengah dari siswa laki-laki diketahui pergi kesekolah naik bus sekolah, sedangkan siswa perempuan hanya seperenamnya yang persegi ke sekolah naik bus sekolah. Diketahui juga bahwa terdapat 147 siswa pergi ke sekolah tidak naik bus sekolah.
Banyak siswa kelas VIII sekolah tersebut adalah ....
A.      330
B.       245
C.       210
D.      193

Pembahasan: C
Misalkan  banyak siswa seluruhnya adalah n
                 banyak siswa perempuan adalah p
                 banyak siswa laki-laki adalah l
                 banyak siswa perempuan naik bus adalah pb
                 banyak siswa laki-laki naik ikut bus adalah lb
                 banyak siswa perempuan tidak ikut bus adalah pt
                 banyak siswa laki-laki tidak ikut bus adalah lt

Minggu, 09 Maret 2014

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2014 Nomor 1

Alhamdulillahirobbil alamin, kita patut bersyukur karena pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kota/kabupaten telah terlakasana dengan baik pada tanggal 8 Maret 2014 baik bidang studi Matematika, Fisika, Biolagi dan IPS. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk OSN Tingkat Provinsi.

Berikut ini Penulis akan mencoba untuk membahas satu-persatu Soal OSN Matematika SMP Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2014. Jika ada Solusi yang 'lebih gampang dipahami oleh siswa',... Penulis sangat berterimakasih untuk masukan, saran dan kritiknya, "karena penulis hanyalah Manusia Biasa... :-)"


Jumat, 07 Maret 2014

Pengelolaan Dana Bos dan Dak Untuk Pengadaan Buku Kurikulum 2013

Jakarta, Kemdikbud --- Mekanisme pengadaan buku pelajaran Kurikulum 2013 akan mengalami perubahan untuk Tahun Ajaran 2014/2015. Nantinya, terdapat dua sumber dana pengadaan buku, yaitu Dana Alokasi Khusus dan Dana Bantuan Operasional (BOS) Buku.
Bagi peserta didik kelas 1-2 Sekolah Dasar (SD), terdapat pengadaan untuk delapan tema paket buku. Sehingga, mekanisme pengadaannya adalah sebanyak empat tema buku akan dibeli dengan menggunakan dana BOS Buku, di semester pertama. Kemudian,

Kamis, 06 Maret 2014

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2012 Nomor 3

Soal:
Pada suatu keranjang buah terdapat 20 apel, 18 jeruk, 16 mangga, 10 nanas dan 6 pepaya. Jika seseorang ingin mengambil 10 buah dari keranjang tersebut, ada berapa banyak komposisi buah terambil yang mungkin?




Pembahasan:
Misalkan, x1 = apel, x2 = jeruk, x3 = mangga, x4 = nanas dan x5 = pepaya. Selanjutnya banyaknya komposisi  buah  yang terambil  equivalen  dengan  banyaknya  penyelesaian (x1, x2, x3, x4, x5) dari persamaan x1 + x2 + x3 + x4 + x5 = 10, dengan 0 ≤ xi ≤ 10.

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2012 Nomor 2

Soal:



Seorang pesulap menyatakan dirinya ahli menebak pikiran dengan pertunjukkan berikut. Salah seorang penonton awalnya diminta secara tersembunyi menuliskan sebuah bilangan lima angka, lalu menguranginya dengan jumlah angka–angka penyusun bilangan tersebut, kemudian menyebutkan empat dari lima angka penyusun bilangan hasil (dengan urutan sebarang). Selanjutnya pesulap tersebut dapat menebak angka yang masih disembunyikan. Sebagai contoh, jika penonton menyebutkan empat bilangan hasil: 0, 1, 2, 3, maka pesulap akan tahu bahwa angka yang disembunyikan adalah 3.
a.         Berilah suatu contoh Anda sendiri dari proses di atas.
b.        Jelaskan secara matematis bentuk umum dari proses tersebut.



Pembahasan:
Misalkan bilangan awal sebelum proses kita misalkan N dan bilangan hasil dari proses seperti pada soal dimisalkan H.

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2012 Nomor 1

Soal:


Jika diketahui himpunan
H = f(x, y)|(x y)2 + x2 15x + 50 = 0, dengan x dan y bilangan asli},
tentukan banyak himpunan bagian dari H.

Pembahasan:
Misalkan P(x, y) = (x y)2 + x215x + 50, sehingga (x, y) Î H jika dan hanya jika (x, y) adalah solusi dari P(x, y) = 0. Karena (x y)2 ≤ 0 maka agar P(x, y) = 0 haruslah x2 15x + 50 ≤ 0. Padahal himpunan penyelesaian dari x2 15x + 50 = (x5)(x10) ≤ 0 terletak pada interval 5 ≤ x ≤ 10. Dengan mengingat x adalah bilangan asli, maka nilai yang mungkin untuk x adalah 5, 6, 7, 8, 9, 10. Selanjutnya tinggal dicek satu persatu sebagai berikut :

Random Post