Pada postingan kali ini Penulis akan melampirkan Naskah Soal dan Pembahasan Soal OSN Guru Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016. Jika ada Solusi yang 'lebih gampang/mudah dipahami oleh siswa/Guru',... Penulis sangat berterimakasih untuk masukan, saran dan kritiknya, "karena penulis hanyalah Manusia Biasa... :-)"
-----Semoga Bermanfaat-----
Unduh Soal dan Pembahasannya pada Link Berikut:
1.
Soal OSN Guru Matematika SMP Tahun 2016 [Download Soal]
2.
Soal dan Pembahasan OSN Guru
Matematika SMP Tahun 2016 [Download Solusi]
Demikian
lampiran Soal dan Pembahasan OSN Guru Matematika SMP Tahun 2016, semoga kita selalu bisa berbagi, amien.....
Soal uraian no 2.
BalasHapusmulai (5/4)=(2-a/7-b) disimpulkan 2-a=5 dan 7-b=4 menurut saya kurang tepat. hrsnya 2-a=5k, 7-b=4k untuk suatu k.
Sebaiknya dari persamaan pecahan terus dikalikan silang diperoleh
4a-5b=-27.
Kedua ruas dikuadratkan deiperoleh;
16a^2-40ab+25a^2=27^2
Kaitkan dg yg diketahui maka ditemukan jawabannya 27^2-26^2=53
Terimakasih banyak pak atas masukannaya...
HapusSoal uraian no 4:
BalasHapusharusnya 15/6= 2 3/6=2 1/2
Oke, Siap Bos...
HapusNo 13. Dari bentuk t^2+(x-24)t-12x=0.
BalasHapusCoba dianalisa Agar t >0 maka D>0.
Tapi kalo misalnya t bilangan bulat > 0, maka D=k^2, untuk suatu k bil asli
D=((x-24)^2)-4(-12x)=k^2
x^2+24^2=k^2
dengan tripel Pythagoras dipenuhi x =7 untuk k=25.
Dan seterusnya
Siiip Pak Saiful, ide yg bagus...goodjob..
Hapussebelumnya sy sempat berpikiran seperti , tp masih kurang yakin... he he he
makasih pak...atas masukannya...
Mungkin msh ada misspersepsi yg saya maksud P Thohir. yg sy maksud dst sebetulnya ada bberpa alternatif. saya menemukan beberapa alternatif tripel pythagorsa persis seperti yg dibuat p budi harjo. Jadi tambah yakin sekarang.
HapusOuh..., jadi maksudnya sama toh dengan pembahasan yang dibuat oleh pak Budi harjo,,,Oke dech lau sama...
HapusNo 16 ada kesalahan penulisan hitungan faktorial pada setiap ksus. kurang operasi bagi
BalasHapusOh iya,... he he he... terburu-buru paling ngetiknya: belum di kasih tanda per.
Hapusmakasih pak Saiful...
Terima kasih pembahasannya Pak Tohir ;-). Sedikit pendapat, untuk nomor 4, menurut saya Mira lah yang memecahkan pot tersebut, karena jika Sari yang memecahkan berarti tidak ada yang berbohong alias semuanya jujur. Bagaimana? mohon ditanggapi jika saya salah ;-)
BalasHapusiya sama-sama,lau menurut agan Mira: bagaimana donk penjelasannya agar siswa dapat memahami, monggo dulu uraian dari jenengan...!
Hapushehe... gini Pak, saya asumsikan satu per satu. Jika Tina yang memecahkan berarti ada 2 yang berbohong (yaitu Tina dan Andi), jika Andi yang memecahkan berarti ada 3 yang berbohong (yaitu Andi, Mira, dan Sari), Jika Mira yang memecahkan berarti hanya ada 1 yang berbohong (yaitu Mira sendiri), jika Sari yang memecahkan berarti tidak ada yang berbohong (semuanya jujur). Karena di soal dikatakan hanya ada satu yang berbohong, berarti Mira yang memecahkan. Begitu Pak Tohir :-D
HapusOoo Oke dech, Tapi Hati-hati lau pembahasan OSN dalam bentuk asumsi: tidak semuanya dapat dibenarkan...
Hapusmain main ke website kita yah gan...
BalasHapusVIPQIUQIU99
kapan jadi pelaksanaan ogn smp 2017 tingkat propinsi, karena sampai hai ini belum ada kabar.
BalasHapusAssalamualaikum pak. salam kenal, saya sri guru smpn 4 bukittinggi. Pak, kenapa belum ada soal OGN tingkat kab/kota dan provinsi tahun 2017
BalasHapusTerima kasih banyak mas.. .semoga berkah yg tulisannya
BalasHapusMakasih soalnya bos
BalasHapusTerimakasihh sangat bermanfaat
BalasHapus