Pada postingan
berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat, dimana pada postingan sebelumnya
Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016.
Pembahasan yang Penulis susun masih
bersifat terbuka untuk diskusi tentang pembahasannya.
Barang kali ada pembahasan yang kurang tepat atau ada pembahasan yang lebih gampang dipaami oleh siswa Penulis sangat berharap untuk kritik dan masukannya. Hal ini bertujuan untuk saling membantu untuk mendongkrak kualitas mutu Pendidikan di indonesia, apalagi bulan depan adalah bulan Mei yang merupakan mumen Hari Pendidikan Nasional.....heheh :-)
Unduh Soal dan Pembahasannya silahkan klik gambar di bawah ini atau [Download]
Barang kali ada pembahasan yang kurang tepat atau ada pembahasan yang lebih gampang dipaami oleh siswa Penulis sangat berharap untuk kritik dan masukannya. Hal ini bertujuan untuk saling membantu untuk mendongkrak kualitas mutu Pendidikan di indonesia, apalagi bulan depan adalah bulan Mei yang merupakan mumen Hari Pendidikan Nasional.....heheh :-)
Sedangkan untuk Pembahasan Soal OSN Matematika SMP
Tingkat Provinsi 2016 Bagian B: Soal Uraian, InsyaAllah pada kesempatan yang
lain Penulis akan melampirkannya, tunggu saja dalam waktu dekat ....hehehe....
:-)
-----Semoga Bermanfaat-----
Unduh Soal dan Pembahasannya silahkan klik gambar di bawah ini atau [Download]
Demikian
lampiran Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016 Bagian A, semoga kita selalu bisa berbagi, amien.....
No 8 kenapa pada gambar panjang sisi persegi 1 tapi pemisalan potongan sisi x dan x-1. Berakibat panjnagnya x + x - 1 =2x -1. Apa tdk seharusnya pemisalan x dan 1 - x shg panjang sisi x + 1 - x = 1
BalasHapusUpz.., oh iya: keliru ngetiknya..
Hapusmakasih pak Saiful atas koreksinya...
No. 10 tidak dijelaskan apakah nilai a harus bulat, jadi harusnya tidak perlu difaktorkan.
BalasHapusLangkah yang diinginkan sepertinya mengurangi jumlah suku genap dan suku ganjil, sehingga didapat:
b * 0.5n = 18 ... [1]
Selanjutnya selisih suku pertama dan terakhir adalah 34, maka didapat:
b * (n-1) = 34 ... [2]
Dari persamaan [1] dan [2] didapat nilai b = 2 dan n = 18 (dan nilai a = -112/9)
------------------------------------
no 9 mungkin maksud pembahasan Bapak seperti ini yah:
rata-rata nilai sampai ulangan ke-6 adalah a
nilai ulangan ke-7 adalah b
nilai ulangan ke-8 adalah c
Sempat bingung tadi bacanya :D
untuk nomor 10: saya sepakat demikian, blm sempat mengganti filenya...sebenarnya pembahasan saya sudah demikian sejak minggu lalu,...tp terimakasih banyak ya: diingatkan..
Hapusno. 9: oh iya maksudnya demikian...
sekali lagi, terimakasih banyak Gan atas masukannya...
Pak tolong penjelasan nomor 1 kenapa bisa langsung pakai rumus 2n-1
BalasHapussaudara rehu
BalasHapusambil saja misalnya bilangan itu 1,3,5 ...sampe ke 2016
ntar a = 1 b= 2 .. masukin ke un rumus umum deret aritmatika
Terima kasih Pak Tohir, ini sangat membantu saya untuk ngajari anak-anak. Semoga kabaikan Bapak mendapat Pahala dari Allah. Amin.
BalasHapusmain main ke website kita yah gan...
BalasHapusQIUQIU99