Akhirnya Penulis ada waktu juga
untuk mengesharekankan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematik SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2015 Bagian B: Isian Singkat. Dimana pada postingan sebelumnay
Penulis telah mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2015 Bagian A: Pilihan Ganda.
Pada pembahasan Bagian B ini Penulis sangat berharap kepada agan-agan untuk saling berbagi pendapat tentang pembahasan yang mungkin lebih benar. Apalagi kalau ada Solusi yang 'lebih gampang/mudah dipahami oleh siswa, sngat Penulis harapkan',... Penulis sangat berterimakasih atas masukan, saran dan kritiknya, "karena penulis hanyalah Manusia Biasa... :-)"
Pada pembahasan Bagian B ini Penulis sangat berharap kepada agan-agan untuk saling berbagi pendapat tentang pembahasan yang mungkin lebih benar. Apalagi kalau ada Solusi yang 'lebih gampang/mudah dipahami oleh siswa, sngat Penulis harapkan',... Penulis sangat berterimakasih atas masukan, saran dan kritiknya, "karena penulis hanyalah Manusia Biasa... :-)"
Unduh Soal dan
Pembahasannya silahkan klik gambar di bawah ini atau [Download]
Demikian
lampiran Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2015 Bagian B, semoga kita selalu bisa berbagi,
amien.....
Bagaimana Pak,jika Soal Nomor 9 bagian B, menggunakan Pencerminan sbb:
BalasHapusPencerminan terhadap sb-y : A (x,y) --> A'(-x,y)
dan pencerminan terhadap y = h : A (x,y) --> A'(x,2h-y)
Pencerminan titik-titik koordinat Segitiga ABC kemudian dicerminkan lagi terhadap garis y = 3 sbb:
A(x,y) sb-y = A’(-x,y) y = 3 = A”(-x,2.3 – y) => A”(-x,6 – y)
B(x,y) sb-y = B’(-x,y) y = 3 = B”(-x,2.3 – y) => B”(-x,6 – y)
C(x,y) sb-y = C’(-x,y) y = 3 = C” (-x,2.3 – y) => C”(-x,6 – y)
dimana :
A’(8,0) = A” (-x,6-y)
B’(8,-4) = B” (-x,6-y)
C’(4,0) = C” (-x,6-y)
Sehingga:
A (-8,6-0) => A (-8,0)
B (-8,6-(-4)) => B (-8,10)
C (-4,6-0) => C (-4,6)
Mohon koreksinya Pak.
boleh2 juga menggunakan cara-cara tersebut, kalau siswa tersebut sudah mengetahui polanya seperti yang terdapat pada buku kelas 7 K13,
Hapusakan tapi kebiasaan siswa saya biasanya siswa lebih 'gampang' dengan bantuan gambar,
terimakasih atas diskusinya..
Untuk yang no 8 saya dapatnya 28 cara pak :-)
Hapuskalau memang Anda dapat 28, akan lebih baik kita diskusikan caranya..
Hapuscara Penulis masih menggunakan cara manual: cara manual bisa jadi ada yang kurang teliti, gmn Bunk Acep?
Kalo cara lain yg lebih gampang ada gak
BalasHapusMaksudnya cara lain gitu!:-)
BalasHapusKalau memang ada ide atau ada pembahasan yang mudah dan gampang, monggo kita berbagi pengetahuan,
Hapussementara cara dari Penulis masih seperti yang tercantum dalam lampiran tersebut..