Syukur Alhamdulillah patut kita
ucapkan kepada Allah SWT atas terselesainya pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional
(OSN) Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2015 ini dengan baik dan menarik pada hari
Sabtu, tanggal 8 Maret 2015 baik bidang studi Matematika, IPA dan IPS. untuk
selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk OSN Matematika, IPA dan IPS Tingkat
Provinsi dan Tingkat Nasional.
Pada postingan sebelumnya Penulis sudah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2015.
Sedangkan pada postingan kali ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2015 (Bagian A: Pilihan Ganda). Jika ada Solusi yang 'lebih gampang/mudah dipahami oleh siswa' atau bahkan solusi yang lebih baik,... Penulis sangat berharap dan berterimakasih untuk masukan, saran dan kritik yang membangun, "karena penulis hanyalah Manusia Biasa... :-)"
Pada postingan sebelumnya Penulis sudah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2015.
Sedangkan pada postingan kali ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2015 (Bagian A: Pilihan Ganda). Jika ada Solusi yang 'lebih gampang/mudah dipahami oleh siswa' atau bahkan solusi yang lebih baik,... Penulis sangat berharap dan berterimakasih untuk masukan, saran dan kritik yang membangun, "karena penulis hanyalah Manusia Biasa... :-)"
Unduh Soal dan
Pembahasannya silahkan klik gambar di bawah ini atau [Download]
Demikian
lampiran Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2015 Bagian A, semoga kita selalu bisa berbagi,
amien.....
Untuk no 14 ada sedikit koreksi dari saya pak, di soal tertulis 20% dari biaya 1 jam sebelumnya.
BalasHapus30.000 x 20% = 6000 jadi 36.000.
36.000 x 20% = 7200 jadi 43.200
43.200 x 20% = 8640 jadi 51.840
Maka total biaya = 120.000 + 330.000 + 36.000 + 43.200 + 51.840 = 581.040
Jadi ada pilihannya pak :-)
Terimakasih banget atas koreksinya, Bunk Acep
HapusBunk Acep telah mengingatkan Penulis ttg pemahaman pada no.14 pada point tersebut: smg Bunk Acep sll sukses untuk mendidik anak Bangsa, amien...:-)
Iya pak sama-sama.
HapusTerima kasih juga uploud soal-soal dan modulnya Insya Allah bermanfaat.
makasih pak Tohir atas pembahasannya.
BalasHapussangat bermanfaat sekali pembahasan ini bagi ini.
iyya, sama-sama, alhamdulillah...smg kita bisa selalu berbagi dgn sesama, amien.
Hapusmakasih pembahasannnya pak...
BalasHapusiyya, sama-sama..
Hapuskalau boleh saya izin menshare di blog saya pak...www.echogarazy.blogspot.com
BalasHapusn di tunggu pembahasan soal uraiannya....
iyya, silakan..
Hapusrencananya sebenarnya untuk yg Bagian B kemarin sudah Penulis sharekan, akan tetapi blm ada waktu...mudh-mudahn dlm akt 1 atau 2 hari kedepan..
Jam upah
BalasHapus16.00-17.00 48,000.00
17.00-18.00 57,600.00
18.00-19.00 30,000.00
19.00-20.00 30,000.00
20.00-21.00 30,000.00
21.00-22.00 30,000.00
22.00-23.00 30,000.00
23.00-24.00 30,000.00
24.00-01.00 30,000.00
01.00-02.00 30,000.00
02.00-03.00 30,000.00
03.00-04.00 30,000.00
04.00-05.00 30,000.00
05.00-06.00 30,000.00
06.00-07.00 40,000.00
07.00-08,00 40,000.00
08.00-09.00 40,000.00
jumlah 585,600.00
Untuk tiga jam pertama biayanya 40.000 per jam.
Hapusawal mulanya Penulis memang sempat berfikiran seperti itu.tapi setelah Penulis baca ulang soalnya: Pemahaman Penulis persis seperti pendapat Bunk Acep..
HapusPak, saya dapat d no. 7 karena di soal 'kedua *ata dadu berju*lah 5' bukan 'ju*lah *ata kedua dadu 5', apa saya salah? tks :-)
BalasHapusKalau saya jawabannya B karena peluang muncul mata uang sisi angka adalah 1/2 dan muncul mata dadu berjumlah 5 adalah 4/36. Karena saling lepas maka peluangnya 1/2 . 4/36 = 1/18. begitu jawaban saya :-)
HapusPemahaman Penulis juga sama seperti Bunk Acep,...
HapusKarena kalimat yang muncul adalah Peluang muncul kedua mata dadu berjumlah 5.
Terimakasih Pak Mohammad Tohir@ Sangat membantu kami yang tinggal di daerah pelosok. Bravo Guruku Indonesia!!!!
BalasHapusiyya, sama-sama..semoga menjadi ilmu yang barokah, amien...
Hapusdan semoga kita bisa selalu berbagi untuk anak Bangsa, amien...
Terimakasih bapak.. saya sempat membahas juga di blog saya neilahmu.blogspot.com, tapi baru bagian a saja.. terimakasih atas ilmunya.. :)
BalasHapusSaya ada masukan utk no.3 bapak. Disana ada informasi bahwa mean = median, dan tidak ada ketentuan siapa yg memperoleh mean/median nya.
HapusMnurut saya jawabannya 13 susunan, masing2 diperoleh dari kemungkinan nilai:
5, 7, 9 -> 6 susunan
6, 7, 8 -> 6 susunan
7, 7, 7 -> 1 susunan
Total 13 susunan
Wallahu a'lam. Mohon koreksi.. :)
iyya, sama-sama...
Hapusterimakasih banyak juga atas masukannya...:
Pedomannya ada pada kalimat "Mean = Median."
HapusKita sepakati dulu definisi dari C. Jika C adalah nilai Cici sprti yg bapak definisikan di pembahasan bapak, maka mungkin saja Cici dpt nilai 6 dan 8.
Tapi di pembahasan sy, sy definisikan C sbagai nilai tengah yang juga berarti merupakan mean. Di soal tidak disebutkan bahwa nilai tengah adalah Cici.
Dengan definisi C adalah median sekaligus mean, diperoleh:
(i) Jika C=5 maka jumlah nilai kelima siswa tsb 25. Tidak ada kemungkinan yg memenuhi susunan terendah yg mungkin 4, 5, 5, 5, 10 mempunyai jumlah 29.
(ii) Jika C=6, maka jumlah nilai kelima siswa tsb 30. Kemungkinan nilai2nya hanyalah 4, 5, 5, 6, 10. Tapi disini 6 bukanlah nilai tengah shg tidak memenuhi.
(iii) Jika C=8, maka jumlah nilai kelima siswa tsb 40. Kemungkinan nilai2nya hanyalah 4, 8, 9, 9, 10. Tapi disini 8 bukanlah nilai tengah shg tidak memenuhi.
(iv) Jika C=9, maka jumlah nilai kelima siswa tsb 45. Tidak ada kemungkinan nilai yg memenuhi karena susunan nilai terbesar 4, 9, 9, 9, 10 berjumlah 41 (kurang dari 45).
Satu2nya nilai C yg memenuhi adalah C=7 dg kemungkinan:
4, 5, 7, 9, 10
4, 6, 7, 8, 10
4, 7, 7, 7, 10
Dengan:
5, 7, 9 mempunyai 6 cara/ susunan yg mungkin
6, 7, 8 mempunyai 6 cara/ susunan yg mungkin
7, 7, 7 mempunyai 1 cara/ susunan yg mungkin
Ribet ya pak? Hehe
Mohon pencerahannya..
iyya, kalau ribetnya?: tidak juga..
Hapussy pribadi sependapat dengan Anda, thk's ya masukannya...:-)
Terimakasih Pak Tohir...
BalasHapusenggih Bu, sama-sama.
Hapussemoga upaya sampean menjadi amal sholeh. Terima kasih pak, kami bisa belajar lebih banyak lagi. mohon maaf saat saat ini kami masih ngunduh saja dan belum ikut meramaikan .
BalasHapusAmien Allahumma amien.
Hapusiyya makasih juga atas do'anya.
qpp, yang penting bisa bermanfaat...
Assalamu'alikum
BalasHapusikut diskusi pa untuk no 3
dari kemungkinan pada saat c = 6, maka b + d = 10
untuk b = d = 5 tidak mungkin terjadi
untuk b = 4 dan d = 6, maka b + d = 10, sehingga susunanya
4 4 6 6 10, sehingga mungkin terjadi
akibatnya susunan yang mungkin dari 4 6 6 adalah 3 susunan
jadi jawabanya adalah dari semua kemungkinan ada 16 (D)
Waalaikumslm w.w.
Hapuscoba perhatikan susunan dari 4 4 6 6 10, apakah 6 dapat dikatakan sebagai suku tengah?
monggo kita diskusikan:
menurut saya pada data 4 4 6 6 10 memiliki median 6
Hapusmonggo pendapat tmn2 yang lainnya...
HapusBUAT PAK TOHIR,SEMOGA SEMAKIN SEMANGAT DALAM MENULIS PEMBAHASAN SOAL-SOAL OLYMPIADE MATEMTIKA. SALAM
BalasHapusMakasih Wik, amien Allahumma amien..
Hapussmg kita selalu bisa saling berbagi dengan sesama, amien.
Pak Tohir no 15 luas segitiga PQR disitu luasnya 200 seharusnya 1/2x20x40=400 Pak Tohir
BalasHapusOke, terimakasih banyak atas koreksinya...
HapusTerima kasih Pak Tohir untuk sharing nya
BalasHapusTerima kasih Pak Tohir untuk sharing nya
BalasHapusenggih Pak, sama-sama.
HapusAss.wr.wb Pak
BalasHapusUntuk Buku Mapel Peminatan Sma Kelas X Seperti Matematika sepertinya tidak ada, mohon utk di share pak, trima kasih
Waalaikumslm w.w.
HapusBuku Peminatan SMA masih belum dibuatkan oleh pemerintah.