•  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018.  Pembahasan yang Penulis susun masih bersifat terbuka untuk diskusi tentang pembahasannya.
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Tingkat Provinsi Tahun 2018 telah terlakasana dengan baik, yaitu pada tanggal 21 April 2018 yang bertepatan dengan Hari Kartini baik bidang studi Matematika, IPA dan IPS. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk menghadapi OSN Tingkat Nasional tahun 2018.
  •  Akhirnya Penulis bisa melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 untuk soal hari kedua. Walaupun akhir-akhir ini banyak sekali kesibukan yang Penulis lakukan disamping menyusun dan mengkoreksi soal Pre Test OSN Guru Matematika SMP Tahun 2016 termasuk mempersiapkan modul pelatihannya, kegiatan kampus, kegiatan sekolah dll........
  •  Alhamdulillahirobbil ‘alamin.... patut Penulis ucapkan karena di sela-sela kesibukan yang Penulis dapatkan pada akhirnya Penulis bisa mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 Hari Pertama. Dimana pada postingan sebelumnya Penulis sudah mempostingkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016.......
  •  Postingan berikut akan penulis lampirkan tentang Hasil Koreksi OSN SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016. Sedangkan Tuan rumah untuk peserta OSN yang lolos Ke Tingkat Nasional Tahun 2016 ini terletak Kota Palembang, Sumatera Selatan. Ajang akbar tahunan ini akan diselenggarakan pada pada 15-21 Mei 2016........
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016 Bagian B: Soal Uraian, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat.......
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016.......
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Guru Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 telah terlakasana dengan baik pada tahun ini, baik bidang studi Matematika maupun IPA. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk OSN Guru Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional Tahun 2016......
  •  Pada postingan kali ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian B: SoalUraian. Dimana pada postingan sebelumnay Penulis telah mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian A.....
  •  Alhamdulillahirobbalil alamin patut kita ucapkan kepada Allah SWT atas terselesainya pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 ini dengan baik dan menarik pada hari Sabtu, tanggal 5 Maret 2016....

Minggu, 08 Maret 2015

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2015 (Bagian A: Pilihan Ganda)

Syukur Alhamdulillah patut kita ucapkan kepada Allah SWT atas terselesainya pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2015 ini dengan baik dan menarik pada hari Sabtu, tanggal 8 Maret 2015 baik bidang studi Matematika, IPA dan IPS. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk OSN Matematika, IPA dan IPS Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional.
Pada postingan sebelumnya Penulis sudah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2015

Sedangkan pada postingan kali ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2015 (Bagian A: Pilihan Ganda). Jika ada Solusi yang 'lebih gampang/mudah dipahami oleh siswa' atau bahkan solusi yang lebih baik,... Penulis sangat berharap dan berterimakasih untuk masukan, saran dan kritik yang membangun, "karena penulis hanyalah Manusia Biasa... :-)"

-----Semoga Bermanfaat-----

Unduh Soal dan Pembahasannya silahkan klik gambar di bawah ini atau [Download]
https://drive.google.com/file/d/0ByVRPALm_krQNmEyTGdVZDZ1ZVE/view?usp=sharing

Demikian lampiran Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2015 Bagian A, semoga kita selalu bisa berbagi, amien.....


39 komentar:

  1. Untuk no 14 ada sedikit koreksi dari saya pak, di soal tertulis 20% dari biaya 1 jam sebelumnya.
    30.000 x 20% = 6000 jadi 36.000.
    36.000 x 20% = 7200 jadi 43.200
    43.200 x 20% = 8640 jadi 51.840
    Maka total biaya = 120.000 + 330.000 + 36.000 + 43.200 + 51.840 = 581.040
    Jadi ada pilihannya pak :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banget atas koreksinya, Bunk Acep
      Bunk Acep telah mengingatkan Penulis ttg pemahaman pada no.14 pada point tersebut: smg Bunk Acep sll sukses untuk mendidik anak Bangsa, amien...:-)

      Hapus
    2. Iya pak sama-sama.
      Terima kasih juga uploud soal-soal dan modulnya Insya Allah bermanfaat.

      Hapus
  2. makasih pak Tohir atas pembahasannya.
    sangat bermanfaat sekali pembahasan ini bagi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyya, sama-sama, alhamdulillah...smg kita bisa selalu berbagi dgn sesama, amien.

      Hapus
  3. kalau boleh saya izin menshare di blog saya pak...www.echogarazy.blogspot.com
    n di tunggu pembahasan soal uraiannya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyya, silakan..
      rencananya sebenarnya untuk yg Bagian B kemarin sudah Penulis sharekan, akan tetapi blm ada waktu...mudh-mudahn dlm akt 1 atau 2 hari kedepan..

      Hapus
  4. Jam upah
    16.00-17.00 48,000.00
    17.00-18.00 57,600.00
    18.00-19.00 30,000.00
    19.00-20.00 30,000.00
    20.00-21.00 30,000.00
    21.00-22.00 30,000.00
    22.00-23.00 30,000.00
    23.00-24.00 30,000.00
    24.00-01.00 30,000.00
    01.00-02.00 30,000.00
    02.00-03.00 30,000.00
    03.00-04.00 30,000.00
    04.00-05.00 30,000.00
    05.00-06.00 30,000.00
    06.00-07.00 40,000.00
    07.00-08,00 40,000.00
    08.00-09.00 40,000.00
    jumlah 585,600.00

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tiga jam pertama biayanya 40.000 per jam.

      Hapus
    2. awal mulanya Penulis memang sempat berfikiran seperti itu.tapi setelah Penulis baca ulang soalnya: Pemahaman Penulis persis seperti pendapat Bunk Acep..

      Hapus
  5. Pak, saya dapat d no. 7 karena di soal 'kedua *ata dadu berju*lah 5' bukan 'ju*lah *ata kedua dadu 5', apa saya salah? tks :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya jawabannya B karena peluang muncul mata uang sisi angka adalah 1/2 dan muncul mata dadu berjumlah 5 adalah 4/36. Karena saling lepas maka peluangnya 1/2 . 4/36 = 1/18. begitu jawaban saya :-)

      Hapus
    2. Pemahaman Penulis juga sama seperti Bunk Acep,...
      Karena kalimat yang muncul adalah Peluang muncul kedua mata dadu berjumlah 5.

      Hapus
  6. Terimakasih Pak Mohammad Tohir@ Sangat membantu kami yang tinggal di daerah pelosok. Bravo Guruku Indonesia!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyya, sama-sama..semoga menjadi ilmu yang barokah, amien...
      dan semoga kita bisa selalu berbagi untuk anak Bangsa, amien...

      Hapus
  7. Terimakasih bapak.. saya sempat membahas juga di blog saya neilahmu.blogspot.com, tapi baru bagian a saja.. terimakasih atas ilmunya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ada masukan utk no.3 bapak. Disana ada informasi bahwa mean = median, dan tidak ada ketentuan siapa yg memperoleh mean/median nya.
      Mnurut saya jawabannya 13 susunan, masing2 diperoleh dari kemungkinan nilai:

      5, 7, 9 -> 6 susunan
      6, 7, 8 -> 6 susunan
      7, 7, 7 -> 1 susunan

      Total 13 susunan

      Wallahu a'lam. Mohon koreksi.. :)

      Hapus
    2. iyya, sama-sama...
      terimakasih banyak juga atas masukannya...:

      Hapus
    3. Pedomannya ada pada kalimat "Mean = Median."

      Kita sepakati dulu definisi dari C. Jika C adalah nilai Cici sprti yg bapak definisikan di pembahasan bapak, maka mungkin saja Cici dpt nilai 6 dan 8.

      Tapi di pembahasan sy, sy definisikan C sbagai nilai tengah yang juga berarti merupakan mean. Di soal tidak disebutkan bahwa nilai tengah adalah Cici.
      Dengan definisi C adalah median sekaligus mean, diperoleh:

      (i) Jika C=5 maka jumlah nilai kelima siswa tsb 25. Tidak ada kemungkinan yg memenuhi susunan terendah yg mungkin 4, 5, 5, 5, 10 mempunyai jumlah 29.
      (ii) Jika C=6, maka jumlah nilai kelima siswa tsb 30. Kemungkinan nilai2nya hanyalah 4, 5, 5, 6, 10. Tapi disini 6 bukanlah nilai tengah shg tidak memenuhi.
      (iii) Jika C=8, maka jumlah nilai kelima siswa tsb 40. Kemungkinan nilai2nya hanyalah 4, 8, 9, 9, 10. Tapi disini 8 bukanlah nilai tengah shg tidak memenuhi.
      (iv) Jika C=9, maka jumlah nilai kelima siswa tsb 45. Tidak ada kemungkinan nilai yg memenuhi karena susunan nilai terbesar 4, 9, 9, 9, 10 berjumlah 41 (kurang dari 45).

      Satu2nya nilai C yg memenuhi adalah C=7 dg kemungkinan:
      4, 5, 7, 9, 10
      4, 6, 7, 8, 10
      4, 7, 7, 7, 10

      Dengan:
      5, 7, 9 mempunyai 6 cara/ susunan yg mungkin
      6, 7, 8 mempunyai 6 cara/ susunan yg mungkin
      7, 7, 7 mempunyai 1 cara/ susunan yg mungkin

      Ribet ya pak? Hehe
      Mohon pencerahannya..

      Hapus
    4. iyya, kalau ribetnya?: tidak juga..
      sy pribadi sependapat dengan Anda, thk's ya masukannya...:-)

      Hapus
  8. semoga upaya sampean menjadi amal sholeh. Terima kasih pak, kami bisa belajar lebih banyak lagi. mohon maaf saat saat ini kami masih ngunduh saja dan belum ikut meramaikan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amien Allahumma amien.
      iyya makasih juga atas do'anya.
      qpp, yang penting bisa bermanfaat...

      Hapus
  9. Assalamu'alikum
    ikut diskusi pa untuk no 3
    dari kemungkinan pada saat c = 6, maka b + d = 10
    untuk b = d = 5 tidak mungkin terjadi
    untuk b = 4 dan d = 6, maka b + d = 10, sehingga susunanya
    4 4 6 6 10, sehingga mungkin terjadi
    akibatnya susunan yang mungkin dari 4 6 6 adalah 3 susunan
    jadi jawabanya adalah dari semua kemungkinan ada 16 (D)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumslm w.w.
      coba perhatikan susunan dari 4 4 6 6 10, apakah 6 dapat dikatakan sebagai suku tengah?

      monggo kita diskusikan:

      Hapus
    2. menurut saya pada data 4 4 6 6 10 memiliki median 6

      Hapus
    3. monggo pendapat tmn2 yang lainnya...

      Hapus
  10. BUAT PAK TOHIR,SEMOGA SEMAKIN SEMANGAT DALAM MENULIS PEMBAHASAN SOAL-SOAL OLYMPIADE MATEMTIKA. SALAM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Wik, amien Allahumma amien..
      smg kita selalu bisa saling berbagi dengan sesama, amien.

      Hapus
  11. Pak Tohir no 15 luas segitiga PQR disitu luasnya 200 seharusnya 1/2x20x40=400 Pak Tohir

    BalasHapus
  12. Terima kasih Pak Tohir untuk sharing nya

    BalasHapus
  13. Terima kasih Pak Tohir untuk sharing nya

    BalasHapus
  14. Ass.wr.wb Pak
    Untuk Buku Mapel Peminatan Sma Kelas X Seperti Matematika sepertinya tidak ada, mohon utk di share pak, trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumslm w.w.
      Buku Peminatan SMA masih belum dibuatkan oleh pemerintah.

      Hapus

Random Post