•  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018.  Pembahasan yang Penulis susun masih bersifat terbuka untuk diskusi tentang pembahasannya.
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Tingkat Provinsi Tahun 2018 telah terlakasana dengan baik, yaitu pada tanggal 21 April 2018 yang bertepatan dengan Hari Kartini baik bidang studi Matematika, IPA dan IPS. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk menghadapi OSN Tingkat Nasional tahun 2018.
  •  Akhirnya Penulis bisa melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 untuk soal hari kedua. Walaupun akhir-akhir ini banyak sekali kesibukan yang Penulis lakukan disamping menyusun dan mengkoreksi soal Pre Test OSN Guru Matematika SMP Tahun 2016 termasuk mempersiapkan modul pelatihannya, kegiatan kampus, kegiatan sekolah dll........
  •  Alhamdulillahirobbil ‘alamin.... patut Penulis ucapkan karena di sela-sela kesibukan yang Penulis dapatkan pada akhirnya Penulis bisa mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 Hari Pertama. Dimana pada postingan sebelumnya Penulis sudah mempostingkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016.......
  •  Postingan berikut akan penulis lampirkan tentang Hasil Koreksi OSN SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016. Sedangkan Tuan rumah untuk peserta OSN yang lolos Ke Tingkat Nasional Tahun 2016 ini terletak Kota Palembang, Sumatera Selatan. Ajang akbar tahunan ini akan diselenggarakan pada pada 15-21 Mei 2016........
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016 Bagian B: Soal Uraian, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat.......
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016.......
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Guru Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 telah terlakasana dengan baik pada tahun ini, baik bidang studi Matematika maupun IPA. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk OSN Guru Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional Tahun 2016......
  •  Pada postingan kali ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian B: SoalUraian. Dimana pada postingan sebelumnay Penulis telah mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian A.....
  •  Alhamdulillahirobbalil alamin patut kita ucapkan kepada Allah SWT atas terselesainya pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 ini dengan baik dan menarik pada hari Sabtu, tanggal 5 Maret 2016....
  • Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018

    Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018. Pembahasan yang Penulis susun masih bersifat terbuka untuk diskusi tentang pembahasannya.

Sabtu, 07 Maret 2015

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2015 Nomor 1

Soal Nomor 1
Operasi * untuk himpunan bilangan S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6} didefinisikan sesuai tabel di bawah ini


*
0
1
2
3
4
5
6
0
0
0
0
0
0
0
0
1
0
1
2
3
4
5
6
2
0
2
4
6
1
3
5
3
0
3
6
2
5
1
4
4
0
4
1
5
2
6
3
5
0
5
3
1
6
4
2
6
0
6
5
4
3
2
1

Jika untuk setiap bilangan bulat n yang lebih besar dari pada 1 didefiniskan xn = xn-1 * x, maka 52015 = ....
A.      0
B.       1
C.       2
D.      3

Pembahasan: D

S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6}
setiap bilangan bulat n yang lebih besar dari pada 1 didefiniskan xn = xn-1 * x

sehingga untuk 52015   ==> 52015 = 52015-1 * 5
                             ==> 52015 = 52014 * 5

Perhatikan pola penyelesaian berikut:
Untuk n = 1         ==> 5 = 5 * 1 = 5       (nilai n = 1 digunakan, untuk mencari pola saja)
Untuk n = 2         ==> 52 = 5 * 5 = 4
Untuk n = 3         ==> 53 = 52 * 5 = 6
Untuk n = 4         ==> 54 = 53 * 5 = 2
Untuk n = 5         ==> 55 = 54 * 5 = 3
Untuk n = 6         ==> 56 = 55 * 5 = 1
Untuk n = 7         ==> 57 = 56 * 5 = 5
Untuk n = 8         ==> 58 = 57 * 5 = 4
Untuk n = 9         ==> 59 = 58 * 5 = 6
Untuk n = 10       ==> 510 = 59 * 5 = 2
Untuk n = 11       ==> 511 = 510 * 5 = 3
Untuk n = 12       ==> 512 = 511 * 5 = 1
Untuk n = 13       ==> 513 = 512 * 5 = 5
Untuk n = 14       ==> 514 = 513 * 5 = 4

.                  .                .             .
.                  .                .             .
.                  .                .             .
Untuk n = 2015          ==> 52015 = 52014 * 5 = ....
Berdasarkan pola di atas maka didapat bahwa hasilnya merupakan 6 berulang, yakni selalu berulang dengan angka-angka: 5, 4, 6, 2, 3, 1.
Oleh karena itu hasil dari 52015 dapat dicari dengan menentukan sisa pembagi 2015 oleh 6

Sisa pembagi 2015 oleh 6    ≡ 2015 (mod 6)
                                             ≡ 335 × 6 (mod 6) + 5 (mod 6)
                                             ≡ 0 (mod 6) + 5 (mod 6)
                                             ≡ 5 (mod 6)

Karena sisanya 5, maka hasil dari 52015 adalah terletak pada pola yang ke-5 yaitu 3
Jadi, 52015 = 3




Solusi Alternatif:
S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6}
setiap bilangan bulat n > 1 didefiniskan xn = xn-1 * x
sehingga untuk 52015   ==> 52015 = 52015-1 * 5
                                    ==> 52015 = 52014 * 5
Karena 52015 mempunyai pangkat ganjil, pola penyelesaian menggunakan perpangkatan ganjil dengan syarat n > 1, yakni sebagai berikut:
Untuk n = 3         ==> 53 = 52 * 5 =  5 * 5 * 5 = 4 * 5 = 6
Untuk n = 5         ==> 55 = 54 * 5 = 53 * 52 = 6 * 4 = 3
Untuk n = 7         ==> 57 = 56 * 5 = 55 * 52 = 3 * 4 = 5
Untuk n = 9         ==> 59 = 58 * 5 = 57 * 52 =  5 * 4 = 6
Untuk n = 11       ==> 511 = 510 * 5 = 59 × 52 =  6 * 4 = 3
Untuk n = 13       ==> 513 = 512 * 5 = 59 * 52 =  3 * 4 = 5
Untuk n = 15       ==> 515 = 514 * 5 = 513 * 52 =  5 * 4 = 6
.                  .                .             .
.                  .                .             .
.                  .                .             .
Untuk n = 2015   ==> 52015 = 52014 * 5 = ....
Berdasarkan pola di atas maka didapat bahwa hasilnya merupakan 3 berulang, yakni selalu berulang dengan angka-angka: 6, 3, 5.
Oleh karena itu hasil dari 52015 dapat dicari dengan menentukan sisa pembagi 2015 oleh 3
Sisa pembagi 2015 oleh 3    ≡ 2015 (mod 3)
                                             ≡ 671 × 3 (mod 3) + 2 (mod 3)
                                             ≡ 0 (mod 3) + 2 (mod 3)
                                             ≡ 2 (mod 3)

Karena sisanya 2, maka hasil dari 52015 adalah terletak pada pola yang ke-2 yaitu 3
Jadi, 52015 = 3




Demikian lampiran Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2015 Nomor 1 , semoga kita selalu bisa berbagi, amien.....

--------------------- 
Pelajari juga soal: [Nomor 2], [Nomor 3]

7 komentar:

  1. Balasan
    1. nilai n = 1 digunakan, untuk mencari pola saja,
      supaya lebih 'gampang' mencarinya,
      atau mungkin ada pendapat lain, silakan...dengan senang hati kita bisa berbagi...

      Hapus
    2. syarat berlakunyakan harus n>1 sehingga nilai n yang harus diambil sebagai dasar untuk pembentukan pola adalah n=2 sehingga diperoleh pola
      n = 2 -----> 4
      n = 3 -----> 6
      n = 4 -----> 2
      n = 5 ------> 3
      n = 6 ------> 1
      n = 7 -------> 4 kembali ke n =2
      sehingga ketika 2015/6 bersisa 5 sehingga n = 20015 akan sama dengan n =6 yaitu 1.....bagaimana pak tohir?

      Hapus
    3. kalau memang n = 7 ==> kembali ke n = 2 lagi, bukankah polanya menjadi 5, bukan 6, sehingga 2015/5 sisa 0?

      contoh salah satu pertanyaan yang muncul: bagaimana dengan n = 8, 9, 10,....
      yang artinya
      5^8 = 5^7 x 5 = 2 x 5 = 3 (jika 5^7 = 2)
      5^9 = 5^8 x 5 = 3 x 5 = 1 (jika 5^7 = 2)
      5^10 = 5^9 x 5 = 1 x 5 = 5 (jika 5^7 = 2)
      5^11 = 5^10 x 5 = 5 x 5 = 4 (jika 5^7 = 2)
      5^12 = 5^11 x 5 = 4 x 5 = 6 (jika 5^7 = 2)
      dstrsnya...
      bukankah tidak berpola lagi atau tepatnya polnya sudah berbeda....?

      Hapus
    4. atau bagaimana dengan Solusi Alternatif di atas?

      Hapus
    5. Mengapa 5^8 jadi 3 Pak?

      n=2 ->4
      n=3 ->6
      n=4 ->2
      n=5 ->3
      n=6 ->1
      n=7 ->5
      n=8 ->4 (kembali ke n=2)

      Hapus

Random Post

  • Soal dan Pembahasan Olimpiade Matematika Vektor Nasional (OMVN) 2012 Tingkat SMP Nomor 9 (Babak Penyisihan)
    03/08/2013 - 0 Comments
    Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE …
  • Silabus, RPP dan Buku Kurikulum 2013 Edisi 2014
    10/10/2014 - 24 Comments
    Syukur Alhamdulillah, patut kita ucapkan terimakasih kepada-Nya akan terselesainya kegiatan  implementasi Kurikulum 2013 pada tahun 2014 yang antara lain pelatihan, mulai dari pelatihan Nara sumber…
  • Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2015 (Hari Pertama)
    24/05/2015 - 2 Comments
    Alhamdulillahirobbil ‘alamin.... patut Penulis ucapkan karena di sela-sela kesibukan akhir semester genap 2015 ini pada akhirnya Penulis bisa mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat…
  • Soal OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2015
    07/03/2015 - 6 Comments
    Alhamdulillahirobbil alamin patut kita ucapkan syukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota 2015 telah terlakasana dengan baik, yaitu pada tanggal 7 Maret 2015…