•  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018.  Pembahasan yang Penulis susun masih bersifat terbuka untuk diskusi tentang pembahasannya.
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Tingkat Provinsi Tahun 2018 telah terlakasana dengan baik, yaitu pada tanggal 21 April 2018 yang bertepatan dengan Hari Kartini baik bidang studi Matematika, IPA dan IPS. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk menghadapi OSN Tingkat Nasional tahun 2018.
  •  Akhirnya Penulis bisa melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 untuk soal hari kedua. Walaupun akhir-akhir ini banyak sekali kesibukan yang Penulis lakukan disamping menyusun dan mengkoreksi soal Pre Test OSN Guru Matematika SMP Tahun 2016 termasuk mempersiapkan modul pelatihannya, kegiatan kampus, kegiatan sekolah dll........
  •  Alhamdulillahirobbil ‘alamin.... patut Penulis ucapkan karena di sela-sela kesibukan yang Penulis dapatkan pada akhirnya Penulis bisa mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 Hari Pertama. Dimana pada postingan sebelumnya Penulis sudah mempostingkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016.......
  •  Postingan berikut akan penulis lampirkan tentang Hasil Koreksi OSN SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016. Sedangkan Tuan rumah untuk peserta OSN yang lolos Ke Tingkat Nasional Tahun 2016 ini terletak Kota Palembang, Sumatera Selatan. Ajang akbar tahunan ini akan diselenggarakan pada pada 15-21 Mei 2016........
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016 Bagian B: Soal Uraian, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat.......
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016.......
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Guru Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 telah terlakasana dengan baik pada tahun ini, baik bidang studi Matematika maupun IPA. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk OSN Guru Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional Tahun 2016......
  •  Pada postingan kali ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian B: SoalUraian. Dimana pada postingan sebelumnay Penulis telah mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian A.....
  •  Alhamdulillahirobbalil alamin patut kita ucapkan kepada Allah SWT atas terselesainya pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 ini dengan baik dan menarik pada hari Sabtu, tanggal 5 Maret 2016....

Jumat, 06 Maret 2015

Solusi Alternatif Soal OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2011 Nomor 4 Bagian A: Pilihan Ganda



Soal Nomor 4:
Seorang ilmuwan melakukan percobaan terhadap 50 ekor kelinci, dan melaporkan hasilnya sebagai berikut:
·       25 ekor diantaranya kelinci jantan.
·       25 ekor dilatih menghindari jebakan, 10 ekor diantaranya jantan.
·      20 ekor (dari total 50 ekor) berhasil menghindari jebakan, 4 ekor diantaranya jantan.
·       15 ekor yang pernah dilatih berhasil menghindari jebakan, 3 ekor diantaranya jantan.
Berapa ekor kelinci betina yang tidak pernah dilatih, tidak dapat menghindari jebakan?
       A. 5                     
       B. 6                     
       C. 7                     
       D. 8
       E. 9

Pembahasan: B
Diketahui dari soal bahwa terdapat  50 ekor kelinci.
Perhatikan baik-baik ke-4 pernyataan berikut!:
1)   25 ekor kelinci  jantan, sehingga (50 – 25) = 25 ekor  sisanya adalah kelinci betina.
2)   25 ekor  dilatih menghindari jebakan, 10 ekor diantaranya jantan. Hal ini berarti bahwa terdapat (2510) = 15 ekor kelinci betina dilatih menghindari jebakan, sehingga ada        (25 – 10) =15 ekor kelinci jantan dan ada (2515) = 10 ekor kelinci betina tidak dilatih menghindari jebakan.
3)   20 ekor (dari total 50 ekor) berhasil menghindari jebakan, 4 ekor diantaranya jantan. Hal ini berarti bahwa terdapat (204) = 16 ekor kelinci betina yang dapat berhasil menghindari jebakan.
4)   15 ekor yang pernah dilatih berhasil menghindari jebakan, 3 ekor diantaranya jantan. Hal ini berarti bahwa terdapat 12 ekor betina  yang pernah dilatih berhasil menghindari jebakan, sehingga berdasarkan pernyataan 2) didapat sejumlah (2515) = 10 ekor kelinci yang dilatih tidak dapat menghindari jebakan, dimana hal ini terdiri dari (103) = 7 ekor jantan dan (10 – 7) = 3 betina.
Berdasarkan pernyataan 3) dan 4) diperoleh suatu kesimpulan:  (16 – 12) = 4 ekor kelinci betina tidak dilatih dapat menghindari jebakan.
Dengan demikian, banyaknya kelinci betina yang tidak dilatih dan tidak dapat menghindari jebakan adalah 104 = 6 ekor
Jadi, banyaknya kelinci betina yang tidak pernah dilatih, tidak dapat menghindari jebakan adalah 6 ekor


Solusi Alternatif Menurut Penulis, silalakan klik Gambar berikut atau [Download]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Random Post