•  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018.  Pembahasan yang Penulis susun masih bersifat terbuka untuk diskusi tentang pembahasannya.
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Tingkat Provinsi Tahun 2018 telah terlakasana dengan baik, yaitu pada tanggal 21 April 2018 yang bertepatan dengan Hari Kartini baik bidang studi Matematika, IPA dan IPS. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk menghadapi OSN Tingkat Nasional tahun 2018.
  •  Akhirnya Penulis bisa melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 untuk soal hari kedua. Walaupun akhir-akhir ini banyak sekali kesibukan yang Penulis lakukan disamping menyusun dan mengkoreksi soal Pre Test OSN Guru Matematika SMP Tahun 2016 termasuk mempersiapkan modul pelatihannya, kegiatan kampus, kegiatan sekolah dll........
  •  Alhamdulillahirobbil ‘alamin.... patut Penulis ucapkan karena di sela-sela kesibukan yang Penulis dapatkan pada akhirnya Penulis bisa mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 Hari Pertama. Dimana pada postingan sebelumnya Penulis sudah mempostingkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016.......
  •  Postingan berikut akan penulis lampirkan tentang Hasil Koreksi OSN SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016. Sedangkan Tuan rumah untuk peserta OSN yang lolos Ke Tingkat Nasional Tahun 2016 ini terletak Kota Palembang, Sumatera Selatan. Ajang akbar tahunan ini akan diselenggarakan pada pada 15-21 Mei 2016........
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016 Bagian B: Soal Uraian, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat.......
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016.......
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Guru Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 telah terlakasana dengan baik pada tahun ini, baik bidang studi Matematika maupun IPA. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk OSN Guru Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional Tahun 2016......
  •  Pada postingan kali ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian B: SoalUraian. Dimana pada postingan sebelumnay Penulis telah mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian A.....
  •  Alhamdulillahirobbalil alamin patut kita ucapkan kepada Allah SWT atas terselesainya pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 ini dengan baik dan menarik pada hari Sabtu, tanggal 5 Maret 2016....

Kamis, 13 Maret 2014

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2014 (Bagian B: Isian Singkat)

Pada postingan sebelumnya Penulis sudah melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematik SMP Tingkat Kabupaten/Kota Bagian A: Pilihan Ganda, 

Sedangan berikut ini ini Penulis akan mencoba untuk membahas Soal OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2014 Bagian B: Isian Singkat. Jika ada Solusi yang 'lebih gampang/mudah dipahami oleh siswa',... Penulis sangat berterimakasih untuk masukan, saran dan kritiknya, "karena penulis hanyalah Manusia Biasa... :-)"


-----Semoga Bermanfaat-----







Untuk mengunduh Soal dan Pembahasannya silahkan klik gambar di bawah ini atau [Download]

https://drive.google.com/file/d/0ByVRPALm_krQQzZnNFl5aWgyM00/edit?usp=sharing

Demikian lampiran Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2014 Bagian B, semoga kita selalu bisa berbagi, amien.....


Unduh juga Soal dan Pembahasan OSK Matematika SMP Tahun 2014, silahkan Klik: 
Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2014 [Bagian A]  



18 komentar:

  1. Sebaiknya kalo pembahasan soal mengambil dari sumber lain jangan dihapus identitas aslinya atau sumber aslinya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Pak Saiful,,
      saya kira anda salah alamat, karena saya lihat pembahasan yang telah diuraikan oleh penulis tidak ada yang sama dengan pembahasan milik orang lain..
      amat sangat kurang beretika jika menuduh/menganggap orang mengambil dari sumber lain, jika pembahasannya sama dengan yang ada di sumber tersebut,
      matematika itu ilmu pasti Pak.
      Contoh:
      jika ada murid kita membahas suatu soal, sama dengan bahasan kita: apakah kita akan menuduh dia meniru/menocontek bahasan dari kita?

      Hapus
    2. Tetapi kalau ternyata benar, hasil karya tsb diambil dari pemikiran orang lain, maka : "Terlalu amat sangat kurang beretika" jika tidak menyertakan identitas asli sang pemikir atau setidaknya alamat blog sang pemikir.
      Semuanya pasti punya iktikad baik dalam pendidikan, tetapi apapun alasannya, kita harus menghargai hasil pemikiran orang lain, karena dengan begitu orang lain akan menghargai hasil pemikiran kita. ^_^

      Hapus
    3. terimakasih banyak atas kritikan dan masukannya, smg kita termasuk orang yang selalu berprasangka baik terhadap orang lain, amien...
      Penulis akan bersyukur jika yang dihawatirkan tsbt ditunjukkan saja tentang pembahasan soal yang bagian mana yang dianggap hasil dari pemikiran orang lain...!

      Hapus
    4. Sosuke D. Aizen: Hati-hati kalau berkomentar, justru kamu sendirilah yang sangat tidak beretika. hal seperti itu bisa kamu dianggap menuduh orang lain tanpa bukti.

      Hapus
    5. Benar sekali sholeh ahmad, bahwa Sosuke D. Aizen tidak pantas sekali berkomentar demikian, padahal sy lihat di mana-mana tidak ada yang sama persis dengan hasil pemikiran orang lain apa yang telah di bahas oleh p. Tohir..
      hal ini terjadi berawal dari komentar p. saiful, padahal ia adalah seorang guru, beginikah citra guru di indonesia?

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. waduk kok bisa jd begini y,,
      Maaf mas Sholeh Ahmad dan mas Abdullah, maksud saya begini :

      "amat sangat kurang beretika jika menuduh/menganggap orang mengambil dari sumber lain, jika pembahasannya sama dengan yang ada di sumber tersebut"
      saya membenarkan komentar "mas Sholeh Ahmad"

      dan saya memberikan komentar kebalikannya terhadap komentar "mas Sholeh Ahmad" (komentar saya ini bukan untuk karya Mas Mohammad Tohir)
      "Tetapi kalau ternyata benar, hasil karya tsb diambil dari pemikiran orang lain, maka : "Terlalu amat sangat kurang beretika" jika tidak menyertakan identitas asli sang pemikir atau setidaknya alamat blog sang pemikir. "

      Bagi blogger sangat menggembirakan jika hasil karyanya berguna bagi orang lain, dan sangat mengecewakan jika hasil karyanya disalah gunakan.
      Mohon maaf Mas Tohir, skali lagi komentar saya hanya memberikan kebalikan bagi komentar Mas Sholeh Ahmad" dan bukan berkomentar untuk karya Anda.
      Terima Kasih,, Salam blogger Matematika,, ^_^

      Hapus
    8. iya, sm2...kalau sudah sependapat dgn sy.

      Hapus
  2. Saya setuju dengan pak Saiful,
    tapi yang perlu kita ketahui bahwa pembahasan soal matematika itu kadangkala ada yang sama antara orang yang satu dengan orang yang lainnya, bahkan bisa jadi banyak kesamaan...
    akan tetapi Penulis juga harus hati-hati dalam membahas soal, sehingga tidak terjadi seperti yang dihawatirkan oleh Pak Saiful....

    BalasHapus
  3. Kepada Agan2 yth
    terimakasih banyak atas kritikan dan sarannya...
    Untuk file yang sekarang; sebenarnya sudah Penulis Revisi.

    "Jika ada yang keberatan lagi terhadap pembahasan Penulis yang Revisian ini, Monggo kriktik dan sarannya lagi dan tolong sebutkan nomor berapa yang memerlukan sumber aslinya, karena penulis belum ngecek secara keseluruhan kalau memang ada yang sama"

    Salam..

    BalasHapus
  4. oke pak Tohir, sama-sama
    yang terpenting semoga niatan kita untuk berbagi ilmu dengan orang lain bermanfaat untuk diri kita, anak bangsa dan negara...amin

    BalasHapus
  5. untuk pembahasan soal nomor 10, sy sependapat dengan Pak Tohir, bahwa jawabannya = 2240, karena cara mengatur/menyusun segitiga siku-siku hanya ada 2 cara,
    walaupun ada dari temen2 yang lain menjawab = 13440.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah sependapat,
      semoga kita selalu bisa berbagi, Amien....

      Hapus
  6. Menyimak (y), senyum sendiri melihat komentar Pak @Saiful Arif,S.Pd diatas.
    Penyelesaian matematika tidak terlalu banyak alternatif jadi bisa kemungkinan sama :)

    BalasHapus
  7. Assalamu,alaikum pak M. Tohir, salam perkenalan pak. Kami hanya ingin koreksi terhadap diri kami sendiri setelah melihat jawaban OSN 2014 bagian A soal no 8 tertulis 2b - a - 1. Namun penyelesaian kami adalah 2a - b - 1. Apakah mungkin kami yang salah ? (kita share pak dan sekedar saling mengkoreksi) kami juga manusia biasa mungkin banyak juga keliru Disini kami hanya ingin sekedar mengisi waktu dalam masa pensiun kami dalam 3 tahun lebih ini. Terima kasih.

    BalasHapus
  8. Mohon maaf itu yang nomor 3 bagian A tadinya A+B kok pas hasil nya bisa cuma tinggal A saja mohon penjelasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadinya sempat saya bertanya-tanya terhadap pertanyaan Anda (nomor 3 yang mana, ya...?), sebab apa yang ditanyakan Anda tidak terdapat pada soal kota (pada halaman ini), akan tetapi setelah saya buka yangg provinsi bagian A: ternyata pertanyaan Anda ada di situ,...hehehe... :-)
      Berikut pemahaman Penulis:
      Berdasarkan uraian sebelumnya pada soal provinsi bagian A nomor 3, didapat
      Luas A + B = (96√2 – 128) π + 128√2 – 192
      Karena luas A dan B sama maka untuk luas A tinggal Luas A + B di bagi 2, sebab pada soal yang ditanyakan adalah Luas A saja, hasilnya setelah dibagi 2 yaitu sebagai berikut:
      luas A = (48√2 – 64) π + 64√2 – 96
      atau
      luas A = (48√2 – 64) π + 32(√2 – 3)
      #--- Salam ---#

      Hapus

Random Post