Berikut ini Penulis lampirkan salah satu contoh kegiatan pembelajran
Matematika SMP Kelas 7 yang sangat cocok sekali untuk Kurikulum 2013, dimana
didalam pembelajaran Kurikulum 2013 harus menggunakan pendekatan
saintifik yang diantaranya adalah seperti: Mengamati, Bertanya, Menggali Informasi/Sedikit Informasi, Menalar, dan berbagi. untuk lebih jelasnya coba perhatikan uraian berikut ini.
Di sekitar kita, terdapat
berbagai objek, seperti gedung yang bentuk permukaan bangunannya merupakan
daerah segitiga. Pintu rumah yang berbentuk persegi panjang. Berbagai
permasalahan kehidupan banyak yang dapat dipecahkan menerapkan berbagai konsep
dan aturan-aturan pada segitiga.
Pernahkah kalian melihat gambar seperti berikut?
Gambar 1.1 Pintu,
jendela, ketupat, layang-layang dan langit-langit
Permasalahannya sekarang, bagaimana kita mengetahui bahwa disekitar kita terdapat bangun-bangun yang bentuknya terdiri dari segiempat dan segtiga? Di mana benda-benda ini sering dipasang? Apa manfaat dari masing-masing rambu? Secara matematis apakah persamaannya? Perbedaannya?
Salah satu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada masalah 5.1 adalah sebagai berikut:
Keluarlah dari dalam kelas dan berpencarlah sesuai dengan kelompoknya masing-masing. Gunakan waktu seefisien mungkin untuk menemukan masing-masing lima benda yang berbentuk: (1) Segiempat, dan (2) Segitiga. Salin tabel di bawah ini, kemudian lengkapi (jika memungkinkan).
Tabel 1.1 Temuan
Bentuk Bangun Datar
Dalam belajar, khususnya belajar matematika kita tidak boleh berhenti hanya karena jawaban telah ditemukan. Kita harus terus berfikir dan bertanya-tanya. Berikut pertanyaan yang dapat diajukan.
“Bagaimana jika …? Apa yang akan terjadi? Apakah akan
lebih baik?”
Misal jendela yang berbentuk persegi panjang dengan rasio tinggi:
lebar sama dengan 3 : 2 adalah salah satu benda yang masuk dalam daftar.
Pertanyaan yang muncul antara lain:
·
Apakah rasio 3 : 2 itu selalu memberikan
hasil yang paling serasi?
·
Bagaimana jika
rasionya dibuat 5 : 3?
Kalian tadi sudah
mendapatkan fakta-fakta hasil pengamatan, coba buatlah pertanyaan yang memuat kata-kata
berikut:
1. “rasio” dan “tinggi, lebar”
2. “segitiga” dan “jendela, pintu”
3. “segiempat” dan “ruang kelas”
Tulislah pertanyaan kalian di lembar kerja/buku tulis!
Jika
ukuran semula dari tinggi jendela adalah 150 cm dan
lebarnya 90 cm, maka bagaimana caranya agar terjadi
rasio 5 : 3 (asumsikan tingginya tetap), berapakah lebarnya?
Kalau
dipasang sungguh jendela seperti itu, bagaimana dengan jarak dari ujung dinding
paling jauh? Terlihat serasi tidak?
Akan
lebih bagus kalau kalian mengujicobakan. Buatlah
jendela buatan dari kertas dan tempelkan… coba lihat… apakah jadi lebih baik
atau lebih jelek?
Kalau
sudah… tuliskan keputusan kalian berikut alasannya
Sampaikan tulisan kalian itu ke teman sebelah kalian… mintalah teman kalian itu membaca, mengkaji, mengkritisi, dan lain-lain… kalau bisa, kalian juga memberikan bantahan, sanggahan terhadap hal-hal yang kurang masuk akal… tapi usahakan agar sanggahan itu terdengar sopan, santun, lembut, dan tidak membuat yang disanggah sakit hati.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar